Sabtu, 07 Januari 2017

PERKEMBANGAN NORMAL ANAK USIA 4 TAHUN

Mengikuti tumbuh kembang anak memang adalah hal yang sangat menyenangkan dan juga cukup membuat lelah, kan Bun. Melihat anak tumbuh dengan normal pastinya membuat orang tua senang. Tapi, jika anak tidak tumbuh dengan normal, baik itu dari segi fisik atau mental, di sini terkadang membuat orang tua diuji dan tertantang, yang tentunya Bunda akan lebih repot pastinya.
Anak yang mendapat asupan nutrisi dan gizi yang cukup setiap harinya sudah pasti akan tumbuh dan berkembang dengan normal, baik fisik atau pun mentalnya. Dan, setiap usia anak baik dari sejak lahir hingga dewasa tentunya akan memiliki perbedaan, baik itu fisik, mental, dan juga tingkah lakunya. Semua itu bisa Bunda perhatikan setiap tahun pertumbuhannya. Dan, kali ini kami akan menjelaskan mengenai perkembangan anak yang normal di usia 4 tahun. Di simak baik-baik ya Bun, jangan sampai ada yang terlewatkan.

Perkembangan Normal Anak Usia 4 Tahun

Setiap penambahan usia anak, pastinya ada perbedaan dengan tahun sebelumnya seperti pada usia 4 tahun ini juga. Masing-masing pertumbuhan usia anak ada tolak ukur yang perlu dijadikan pedoman tumbuh kembang anak.
Anak yang telah mencapai usia 4 tahun ini biasanya, lebih suka bertanya dan juga memperlihatkan apa yang dilakukan atau sesuatu yang ditemukannya. Anak di usia 4 tahun ini juga sudah bisa memberitahukan kepada Bunda tentang apa yang tidak disukai dan membuatnya tidak nyaman, di lingkungan sekitarnya. Anak yang tumbuh kembangnya normal hingga usia 4 tahun ini juga bisa memperlihatkan suka memerintah. Dan masih banyak lagi hal lain yang bisa dilakukan anak-anak setelah mencapai usia 4 tahun, seperti di bawah ini.

Kehidupan sosial normal anak usia 4 tahun

  • Anak yang telah mencapai usia 4 tahun dengan tumbuh kembang yang normal sudah terlihat lebih mandiri. Ini bisa Bunda perhatikan dengan hal-hal yang dilakukan anak secara sendiri seperti, menyikat gigi, dan juga berpakaian sendiri.
  • Anak biasanya lebih mudah untuk diajak kompromi loh Bun. Jadi, Bunda bisa lebih banyak bekerjasama dan mengajarkan anak-anaknya hal-hal positif di usia 4 tahun ini. Akan tetapi, biasanya anak cenderung banyak nuntun juga Bun, jadi anak-anak seakan-akan suka memerintah. Tapi, itu wajar di usianya yang normal 4 tahun ini. Bunda ikutin aja, selama itu masih positif, sambil ngajarin juga ke anaknya mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Anak usia 4 tahun pasti cepat tanggap kok Bun.
  • Bunda jangan terlalu emosional saat berhadapan dengan tingkah laku anak. Karena, anak normal yang berusia 4 tahun memang terkadang tidak sopan. Wajari saja ya Bun, selama itu masih dalam lingkungan orang tua. Tetapi Bunda ajarkan agar hal tersebut tidak dilakukan lagi apalagi untuk orang lain. Kalau Bunda juga bersikap keras dan emosional, biasanya anak malah menjadi-jadi loh Bun.
  • Anak mulai mendapatkan beberapa teman, dan juga mendapatkan beberapa teman dekat tentunya.
  • Anak sudah tahu hal-hal setiap hari seperti makan, pengaturan waktu, dan juga mungkin uang.
  • Anak sudah mengerti mana yang menjadi miliknya, dan bahkan menilai segala sesuatu itu adalah miliknya.
  • Anak sudah bisa berempati loh di usianya yang 4 tahun Bun. Coba aja Bunda pura-pura nangis saat mencoba untuk meminjam mainan kesukaannya. Pasti di akan langsung memberikannya, dan mencoba untuk menenangkan Bunda yang pura-pura nangis dengan memeluk, atau mungkin ikutan nangis juga.
  • Skill atau kemampuan anak sudah mulai terlihat seperti bernyanyi, menari, atau mungkin berakting serta hal lainnya.
  • Memiliki tingkat imajinasi yang tinggi.
  • Sudah mulai untuk membedakan mana yang hanyalah khayalan serta mana yang merupakan hal nyata baginya.

Perkembangan kemampuan motorik normal anak usia 4 tahun

  • Keseimbangan anak sudah stabil seperti layaknya orang-orang dewasa, yang membuatnya bisa melakukan hal-hal yang lebih menantang, seperti melompat dari anak tangga pertama, serta mencoba untuk memanjat. Tetapi awasi si kecil ya bun, jangan sampai terjatuh.
  • Anak akan lebih aktif melakukan gerakan-gerakan tambahan, seperti jungkir balik, berayun dan lain sebagainya.
  • Jika anak suka memegang alat tulis, maka di akan menulis di mana pun, jadi siapkan saja satu dinding rumah untuk menjadi kanvasnya.
  • Anak sudah mampu menggambar bentuk orang seperti wajah, mata, dan hidung. Akan tetapi, perlu pengamatan yang lebih dalam lagi, karena mungkin saja tidak sama persis ya, hehehe.

Perkembangan bahasa normal pada anak usia 4 tahun

  • Jika Bunda rajin mengajarkan anaknya mengenal huruf dan angka seperti berhitung, maka usia 4 tahun ini memungkinkan anak bisa menghitung sampai angka 10, atau mungkin lebih.
  • Anak normal usia 4 tahun yang sering menggambar sudah bisa membedakan warna juga, dan paling tidak bisa menyebutkan minimal 4 warna berbeda. Yang pada umumnya yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.
  • Jika anak Bunda sering menonton film apalagi yang memiliki bahasa-bahasa yang kasar, bisa saja si kecil mencontohnya.
Jika, melihat dari beberapa tingkah laku normal untuk perkembangan anak usia 4 tahun ini ada yang postif, tapi ada juga beberapa yang bersifat negatif. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips penting untuk Bunda yang mungkin bisa membantu.

Tips dalam mengontrol anak usia 4 tahun

– Bunda bisa membiarkan si anak untuk melakukan hal yang disukainya sendiri, sebagai bentuk dukungan Bunda terhadap kreativitasnya. Anak yang normal di usia 4 tahun merupakan usia yang penting dalam belajar dan mempelajari hal-hal baru.
– Jika anak Bunda kurang dalam bergaul dan lebih banyak di dalam rumah. Ajaklah dia untuk berteman dengan teman-teman seusianya di sekitar rumah.
– Karena kemampuan motorik bayi sudah cukup seimbang di usia 4 tahun ini, maka kontrol Bunda sangatlah penting saat anak beraktivitas.
– Bunda jangan membentak atau bersifat emosional ketika anak melakukan kesalahan. Tetap ajari anak dengan bahasa-bahasa yang positif untuk membimbingnya dengan penuh kasih sayang.
– Bunda bisa sesekali memberi hukuman, akan tetapi pastikan hukuman ini bersifat pembelajaran dan bukanlah kekerasan baik mental dan fisiknya. Bunda bisa ikut dalam hukuman tersebut bersamanya, agar dia tidak merasa tertekan sendiri.
Nah, itulah beberapa tahapan dari perkembangan normal anak usia 4 tahun. Bagaimana dengan anak Bunda sendiri, apakah sudah seperti pada point-point di atas?

0 komentar:

Posting Komentar